J.E.N.I.
BAB 5
Mendapatkan Input dari Keyboard
5.1 Tujuan
Kita telah
mempelajari konsep dasar
pada Java dan
menulis beberapa program
sederhana. Sekarang kita akan mencoba membuat program kita lebih interaktif dengan
menggunakan input dari keyboard. Pada bab ini, kita akan mempelajari dua cara
memberikan input, yang pertama adalah menggunakan class BufferedReader dan
melalui GUI (Graphical User Interface) dengan menggunakan class JOptionPane.
sederhana. Sekarang kita akan mencoba membuat program kita lebih interaktif dengan
menggunakan input dari keyboard. Pada bab ini, kita akan mempelajari dua cara
memberikan input, yang pertama adalah menggunakan class BufferedReader dan
melalui GUI (Graphical User Interface) dengan menggunakan class JOptionPane.
Pada akhir
pembahasan, diharapkan pembaca dapat :
Membuat program Java yang interaktif yang bisa
mendapatkan input dari keyboard Menggunakan class
BufferedReader untuk mendapatkan input dari keyboard
melalui layar console
melalui layar console
Menggunakan class JOptionPane untuk mendapatkan
input dari keyboard
menggunakan GUI
menggunakan GUI
5.2 Menggunakan BufferedReader untuk
mendapatkan input
mendapatkan input
Pada bagian
ini, kita akan menggunakan class BufferedReader yang berada di package java.io untuk mendapatkan input dari keyboard.
Berikut ini adalah
langkah-langkah yang diperlukan
untuk mendapatkan input
dari keyboard:
1. Tambahkan di
bagian paling atas code Anda:
import java.io.*;
import java.io.*;
2. Tambahkan statement berikut:
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );
3. Deklarasikan
variabel String temporary
untuk mendapatkan input,
dan gunakan
fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Anda harus
mengetikkannya di dalam blok try-catch:
fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Anda harus
mengetikkannya di dalam blok try-catch:
try{
String temp = dataIn.readLine();
}
catch( IOException e ){
System.out.println(“Error in getting
input”);
}
Pengenalan
Pemrograman I 1



J.E.N.I.
Berikut ini
adalah source code lengkapnya:
import java.io.BufferedReader;
import
java.io.InputStreamReader; import java.io.IOException;
public class
GetInputFromKeyboard
{
{
public static void main( String[] args ){
BufferedReader
dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );
InputStreamReader( System.in) );
String name = "";
System.out.print("Please Enter Your Name:");
try{
name = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
}
System.out.println("Hello " + name
+"!");
}
}
Berikutnya akan penjelasan setiap baris dari code tersebut: Statement,
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class BufferedReader, InputStreamReader
dan IOException yang berada di java.io package. Java Application Programming
Interface (API) berisi ratusan class yang sudah didefinisikan sebelumnya yang dapat
digunakan untuk program Anda. Class-class tersebut dikumpulkan di dalam packages.
dan IOException yang berada di java.io package. Java Application Programming
Interface (API) berisi ratusan class yang sudah didefinisikan sebelumnya yang dapat
digunakan untuk program Anda. Class-class tersebut dikumpulkan di dalam packages.
Packages berisi class yang mempunyai fungsi
yang saling berhubungan. Seperti pada
contoh di atas, java.io package mengandung class-class yang memungkinkan
program untuk melakukan input dan output data. Pernyataan di atas juga dapat ditulis
sebagai berikut,
contoh di atas, java.io package mengandung class-class yang memungkinkan
program untuk melakukan input dan output data. Pernyataan di atas juga dapat ditulis
sebagai berikut,
import java.io.*;
yang akan mengeluarkan semua class yang berada dalam package, dan
selanjutnya kita bisa menggunakan class-class tersebut dalam program kita.
Pengenalan
Pemrograman I 2



J.E.N.I.
Dua statement
selanjutnya,
public class
GetInputFromKeyboard
{
{
public static void main( String[] args ){
kita sudah mempelajari pada pelajaran sebelumnya. Pernyataan ini
mendeklarasikan class bernama GetInputFromKeyboard dan kita
mendeklarasikan method main.
Dalam
statement,
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );
kita mendeklarasikan sebuah
variabel bernama dataIn
dengan tipe class BufferedReader.
Jangan mengkhawatirkan tentang maksud dari syntax saat ini. Kita akan menjelaskannya pada akhir pembahasan.
Sekarang, kita
akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier name,
String name = "";
String name = "";
Pernyataan di atas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user.
Nama variabel diinisialisasi sebagai
String kosong "". Sebaiknya
kita selalu menginisialisasi sebuah variabel
setelah kita mendeklarasikannya.
Baris berikutnya adalah memberikan output sebuah String pada layar yang
menanyakan nama user.
System.out.print("Please Enter Your Name:");
Sekarang, blok
di bawah ini merupakan try-catch block,
try{
name = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
}
Pada baris ini
menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada pernyataan,
name = dataIn.readLine();
akan ditangkap. Kita
akan membahas tentang
penanganan exception pada
bab selanjutnya dari pembahasan ini,
tetapi untuk sekarang, Anda cukup mencatat bahwa Anda perlu
menambahkan kode ini
untuk menggunakan method
readLine() dari BufferedReader untuk mendapatkan input dari user.
Pengenalan
Pemrograman I 3



J.E.N.I.
Selanjutnya
kembali ke pernyataan,
name = dataIn.readLine();
method diatas memanggil dataIn.readLine(), mendapatkan
input dari user
dan memberikan sebuah nilai String. Nilai
ini akan disimpan ke dalam variabel name, yang akan kita
gunakan pada statement akhir untuk menyambut user,
System.out.println("Hello " + name +
"!");
Pengenalan
Pemrograman I 4



J.E.N.I.
5.1 Menggunakan JOptionPane untuk mendapatkan input
Cara lain
untuk mendapatkan input
dari user adalah
dengan menggunakan class JoptionPane yang didapatkan dari javax.swing package. JoptionPane memudahkan memunculkan dialog box standard yang memberikan kepada user sebuah nilai
atau menginformasikan sesuatu.
Diberikan kode
berikut ini,
import javax.swing.JOptionPane;
public class
GetInputFromKeyboard
{
{
public static void main( String[] args ){
String name = "";
String name = "";
name =
JoptionPane.showInputDialog("Please enter your
name");
name");
String msg = "Hello " + name + "!";
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
}
}
}
Akan
menghasilkan output,
Gambar 1: Mendapatkan Input
menggunakan JOptionPane
Gambar 2: Input florence
pada JOptionPane
Gambar 3: Menunjukkan Pesan
Menggunakan JOptionPane
Pengenalan
Pemrograman I 5
J.E.N.I.
Statement
pertama,
import javax.swing.JOptionPane;
Menjelaskan bahwa kita mengimpor class JoptionPane dari package javax.swing. Bisa juga
ditulis seperti,
import javax.swing.*;
Pernyataan,
name = JOptionPane.showInputDialog("Please enter
your name");
membuat sebuah
input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan
sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK
seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut
adalah String dan disimpan ke dalam variabel name.
Sekarang kita
membuat pesan selamat datang, yang akan disimpan ke dalam variabe
msg,
msg,
String msg = "Hello " + name + "!";
Baris
selanjutnya adalah menampilkan
sebuah dialog yang berisi sebuah
pesan dan tombol OK,
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
Pengenalan
Pemrograman I 6



J.E.N.I.
5.1 Latihan
5.1.1 Kata Terakhir (versi BufferedReader)
Menggunakan
BufferedReader, tanyakan tiga kata dari user dan tampilkan output dari input user tersebut ke layar. Contoh,
Enter word1:Goodbye
Enter word2:and
Enter word3:Hello
Goodbye and Hello
5.1.2 Kata Terakhir (versi JOptionPane)
Menggunakan JOptionPane, tanyakan tiga kata dari user dan tampilkan
output dari input user tersebut ke layar. Contoh
Gambar 1: Input Pertama
Gambar 2: Input Kedua
Gambar 3: Menampilkan Pesan
Pengenalan
Pemrograman I 7
No comments:
Post a Comment