Tuesday, June 18, 2013









J.E.N.I.
BAB 5
Mendapatkan Input dari Keyboard

5.1 Tujuan
Kita  telah  mempelajari  konsep  dasar  pada  Java  dan  menulis  beberapa  program
sederhana. Sekarang kita akan mencoba membuat program kita lebih interaktif dengan
menggunakan  input  dari  keyboard.  Pada  bab  ini,  kita  akan  mempelajari  dua  cara
memberikan  input,  yang  pertama  adalah  menggunakan  class  BufferedReader  dan
melalui   GUI (Graphical User Interface) dengan menggunakan class JOptionPane.

Pada akhir pembahasan, diharapkan pembaca dapat :
 Membuat program Java yang interaktif yang bisa mendapatkan input dari keyboard  Menggunakan class BufferedReader untuk mendapatkan input dari keyboard
   
melalui layar console
 Menggunakan class JOptionPane untuk mendapatkan input dari keyboard
    menggunakan GUI
5.2 Menggunakan BufferedReader untuk
     
mendapatkan input
Pada bagian ini, kita akan menggunakan class BufferedReader yang berada di package java.io untuk mendapatkan input dari keyboard.

Berikut  ini  adalah  langkah-langkah  yang  diperlukan  untuk  mendapatkan  input  dari keyboard:
1. Tambahkan di bagian paling atas code Anda:
   import java.io.*;
2. Tambahkan statement berikut:

BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );

3.  Deklarasikan  variabel  String  temporary  untuk  mendapatkan  input,  dan  gunakan
  
fungsi   readLine()   untuk   mendapatkan   input   dari   keyboard.   Anda   harus
  
mengetikkannya di dalam blok try-catch:
try{
String temp = dataIn.readLine();
}
catch( IOException e ){
System.out.println(“Error in getting input”);
}






Pengenalan Pemrograman I                                                                                                                                            1








J.E.N.I.

Berikut ini adalah source code lengkapnya:

import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader; import java.io.IOException;

public class GetInputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
         InputStreamReader( System.in) );

String name = "";
System.out.print("Please Enter Your Name:");
try{
name = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}

System.out.println("Hello " + name +"!");
}
}
Berikutnya akan penjelasan setiap baris dari code tersebut: Statement,
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader; import java.io.IOException;

menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class BufferedReader, InputStreamReader
dan IOException  yang  berada di java.io  package.  Java Application  Programming
Interface (API) berisi ratusan class yang sudah didefinisikan sebelumnya yang dapat
digunakan untuk program Anda. Class-class tersebut dikumpulkan di dalam
packages.
Packages berisi class yang mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada
contoh  di  atas,
 java.io  package  mengandung  class-class  yang  memungkinkan
program untuk melakukan input dan output data. Pernyataan di atas juga dapat ditulis
sebagai berikut,
import java.io.*;

yang akan mengeluarkan semua class yang berada dalam package, dan selanjutnya kita bisa menggunakan class-class tersebut dalam program kita.








Pengenalan Pemrograman I                                                                                                                                            2








J.E.N.I.

Dua statement selanjutnya,

public class GetInputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){

kita sudah mempelajari pada pelajaran sebelumnya. Pernyataan ini mendeklarasikan class bernama GetInputFromKeyboard dan kita mendeklarasikan method main.

Dalam statement,

BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );

kita   mendeklarasikan   sebuah   variabel   bernama   dataIn   dengan   tipe   class BufferedReader. Jangan mengkhawatirkan tentang maksud dari syntax saat ini. Kita akan menjelaskannya pada akhir pembahasan.
Sekarang, kita akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier name,
          
String name = "";
Pernyataan di atas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Nama variabel diinisialisasi  sebagai  String kosong "". Sebaiknya  kita selalu  menginisialisasi  sebuah variabel setelah kita mendeklarasikannya.
Baris berikutnya adalah memberikan output sebuah String pada layar yang menanyakan nama user.
System.out.print("Please Enter Your Name:");

Sekarang, blok di bawah ini merupakan try-catch block,

try{
name = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}

Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada pernyataan,
name = dataIn.readLine();

akan  ditangkap.  Kita  akan  membahas  tentang  penanganan  exception  pada  bab selanjutnya dari pembahasan ini, tetapi untuk sekarang, Anda cukup mencatat bahwa Anda  perlu  menambahkan  kode  ini  untuk  menggunakan  method  readLine()  dari BufferedReader untuk mendapatkan input dari user.











Pengenalan Pemrograman I                                                                                                                                            3








J.E.N.I.

Selanjutnya kembali ke pernyataan,
name = dataIn.readLine();
method  diatas  memanggil  dataIn.readLine(),  mendapatkan  input  dari  user  dan memberikan sebuah nilai String. Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel name, yang akan kita gunakan pada statement akhir untuk menyambut user,
System.out.println("Hello " + name + "!");




























































Pengenalan Pemrograman I                                                                                                                                            4







J.E.N.I.
5.1 Menggunakan JOptionPane untuk mendapatkan input
Cara  lain  untuk  mendapatkan  input  dari  user  adalah  dengan  menggunakan  class JoptionPane  yang didapatkan dari javax.swing package. JoptionPane  memudahkan memunculkan  dialog box standard yang memberikan  kepada user sebuah  nilai  atau menginformasikan sesuatu.

Diberikan kode berikut ini,

import javax.swing.JOptionPane;
public class GetInputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
   String name = "";
name = JoptionPane.showInputDialog("Please enter your
                                            name");

String msg = "Hello " + name + "!";
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
}
}

Akan menghasilkan output,











Gambar 1: Mendapatkan Input menggunakan JOptionPane











Gambar 2: Input florence pada JOptionPane









Gambar 3: Menunjukkan Pesan Menggunakan JOptionPane




Pengenalan Pemrograman I                                                                                                                                            5








J.E.N.I.


Statement pertama,
import javax.swing.JOptionPane;
Menjelaskan bahwa kita mengimpor class JoptionPane dari package javax.swing. Bisa juga ditulis seperti,
import javax.swing.*;

Pernyataan,
name = JOptionPane.showInputDialog("Please enter your name");

membuat sebuah input dialog  JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut adalah String dan disimpan ke dalam variabel name.
Sekarang kita membuat pesan selamat datang, yang akan disimpan ke dalam variabe
msg,

String msg = "Hello " + name + "!";

Baris selanjutnya adalah  menampilkan sebuah  dialog yang berisi  sebuah  pesan  dan tombol OK,
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);



































Pengenalan Pemrograman I                                                                                                                                            6







J.E.N.I.
5.1 Latihan

5.1.1 Kata Terakhir (versi BufferedReader)
Menggunakan BufferedReader, tanyakan tiga kata dari user dan tampilkan output dari input user tersebut ke layar. Contoh,
Enter word1:Goodbye
Enter word2:and
Enter word3:Hello
Goodbye and Hello

5.1.2 Kata Terakhir (versi JOptionPane)
Menggunakan JOptionPane, tanyakan tiga kata dari user dan tampilkan output dari input user tersebut ke layar. Contoh












Gambar 1: Input Pertama














Gambar 2: Input Kedua













Gambar 3: Menampilkan Pesan






Pengenalan Pemrograman I                                                                                                                                            7

No comments: